Garuda Lebo | 2002 | Sidoarjo | Coach | Player

Sabtu, 22 Oktober 2011

Kuliah ohh.. Kuliah

Di saat matahari mulai senja, aku yang saat itu baru saja menyelesaikan tes terakhir SNMPTN 2010 di UNESA dengan sangat lelah dan penuh do’a bersama salah satu rekan yang bernama curut, ehh maaf, maksud ku Sigit, teman sekolah dulu.

Mungkin itu adalah awal buat kami belajar dan harus tahu, otot dan ketangkasan saja gag cukup buat masuk perguruan tinggi negeri, aku yang saat itu baru berumur 16 tahunan, masih bermimpi untuk masuk salah satu perguruan tinggi negeri. Saat itu pilihan berada di UNESA, jurusan Penjaskesrek & IAIN Sunan Ampel, jurusan PGMI.

Mungkin segala do’a dan usaha ku waktu itu terbilang kurang, aku pun gagal di tahun itu, dan berharap mencobanya di tahun depan.

Tahun ajaran baru, semangat lama, tapi usaha baru, aku pun bertekad di suatu senja, “Di tahun ini, aku gag bakal pipis lagi di celana!!” (ehhh?!), “aku harus lolos ke PTN tahun ini!!, gag boleh gagal, berjuang untuk rakyat, dan jangan lupa, coblos nomer 3B!!!”
Tekad yang udah bulat sebulat segitiga pun berkobar layaknya api kebakaran, aku pun belajar, belajar, dan tidur.. (capek men,, belajar terus..)

Lain tahun, lain pilihan, aku yang tahun ini lebih milih jurusan Penjaskesrek, di  UNESA sama di UM, dan sambil latian-latian tapi tetep pake tidur. (yah semoga perjuangan ku gag sia-sia..)

Hari peperangan pun di mulai, layaknya pasukan yang siap tempur, aku pun membawa senjata kayak pistol, bom, granat, baju perang, (kq malah mirip tes jadi teroris yah?) oke balik ke ujian >> Ujian pun di mulai pada tanggal 15 juni kalo gag salah.
Tes yang berlangsung baik dan tenang ini, membuat aku bener-bener yakin bisa lolos tahun ini. (amin)

Sebulan pun berlalu, tepatnya pada tanggal 15 Juli 2011, aku bersama peserta normal yang lain pun langsung buka internet, berdo’a, berharap, bermunajat, beruang, berenang, berendam, berobat, pokoknya berber deh..
Aku buka web nya, gagal lagi, buka lagi, gagal lagi, aku pun maksa dobrak, gedor-gedor, (emangnya gerbang penjara??) tetep gag di buka, akhirnya setelah jam 8 malam, ada salah satu temen nulis statusnya di facebook, “SELAMAT, ANDA DI TERIMA UJIAN TERTULIS SNMPTN 2011” aku pun makin nafsu, beringas, berbahaya, liar, dan berliur (yeekkk..)

Setelah beberapa menit bersabar, akhirnya bisa ke buka juga nih web, aku pun buru-buru nulis nomer peserta ujian, dan menunggu proses beberapa menit, munculah tulisan, “MAAF, ANDA GAGAL DALAM UJIAN TERTULIS SNMPTN 2011, COBALAH DI SPMB TAHUN INI”. Aku cek lagi data sama nomer pesertanya, ternyata salah, yang aku masukin punya ku yang tahun lalu, aku coba lagi, perasaan pun dag-dig-dug mirip banget sama bedug masjid. Ketika sukses neken tombol ENTER, hasilnya pun nihil, tulisan GAGAL belum mau lepas dari nomer peserta ku.
Aku pun terenyuh, kaget, galau, bingung, sedih, panas, tiba-tiba aku pengen ngupil, akhirnya aku pipis di celana.. >_<

Hari itu mendadak jadi mendung, bumi gonjang-ganjing, gatot kaca langsung jatuh dari genteng, dan nyangkut di jemuran. Aku bener-bener gag percaya, persiapan 1 tahun pun gagal dengan gag masuk akal (emang punya akal?), salah satu temen ku langsung bilang lewat chat FB, “yaudah jes, wong durung rejeki,, bumi ora bakal kiamat..”

Saat membaca pesen dari salah satu temen ku yang ikut SNMPTN itu, aku sadar akan sesuatu, kalo kita gag bisa dapetin apa yang kita pengen, mungkin Allah punya sesuatu yang lebih baik dari pada itu (tepuk tangan dong..).
Saat aku terpuruk, aku pun melihat setitik cahaya, yang bernama lampu, ternyata aku habis ketiduran di warnet.. (hehehee..)

Aku pun bersama salah satu sahabat ku, putra, berinisiatif buat masuk ke kampus swasta yang deket, murah, yang jelas banyak ceweknya (akal busuk.. hehehe..)
Pilihan itu pun jatuh di UNIPA Surabaya, kampus yang cukup keren buat anak desa yang katrok baru masuk kota, bersih, rapi, dan cucok deh bok.. (loh?!)

Setelah sukses masuk ke UNIPA, misi tersembunyi pun siap di laksanakan, yaitu, balas dendam sama UNESA, kenapa aku balas dendam? Karna hati ku terlanjur sakit, perih, pokoknya ngambek deh.. (kq aku mendadak rempong yah?)

Sebelum balas dendam, pasti ada cerita, yah aku pun resmi menjadi anak kampus yang labil, dan inilah pendapat ku waktu kuliah, cekidot :

Bulan pertama : “Wahh.. Kampusnya bagus yah.. (pasang wajah katrok) ada gedungnya gitu, ehh kursinya bisa di lipet lagi..”

 Bulan kedua : “wahh.. ceweknya cantik-cantik nih, neng ikut abang dangdutan yok! (sambil ngebor)”

Bulan ketiga : “ aduh.. kapan sih liburnya? Bosen ketemu dosen terus, malah ada yang doyan debus lagi, emang di kira ini kampusnya limbad?”

Gag sampe di situ, berangkat kuliah pun mulai molor, telat udah biasa, seperti kata pepatah. “Lebih baik telat dari pada lupa”, di terangin dosen udah nge-iya’in aja, nyambung yah syukur, kalo gag nyambung udah biasa, mata ngantuk, pulang pun pengennya cepet terus, doa sebelum kuliah pun ganti, mulai dari yang bener,

“Ya Allah, semoga ilmu hari ini bermanfaat dan bisa berguna di kelak hari..” (amin),

sekarang jadi, “Ya Allah, semoga dosen kena macet di jalan, terus sampe kampus perutnya mules sampe jam pelajaran habis, semoga dosen gag ngasih tugas yang aneh-aneh seperti wajah saya..” (amin)

Mungkin yang harus di perbaiki adalah kinerja otak ku yang mulai nge-geser dari peradaban, moto kuliah pun ikut-ikutan kebalik sekarang, jadi, “Berangkat dengan Selamat, Pulang dengan Semangat!” (Astagfirullah..)

Yah, inilah kenyataannya, tapi aku juga harus berusaha agar bisa ngebuat sedikit senyum manis di kedua orang tua ku, boleh aja aku sekarang terpuruk, tapi enggak buat kedua kalinya, kuliah mahal men, sayang kalo buat main-main, aku cuma pengen keluar sebagai sarjana tepat waktu, (4 tahun lebih dikit) bukan jadi mahasiswa valentine (14semester baru lulus).

Kuliah memang bukan ajang buat mejeng, cari pacar, main-main, atau tempat buat gaya-gaya denga status mahasiswa, ini masa depan men, kasihan dong Ki Hajar Dewantara perjuangin pendidikan di Indonesia, ngorbanin nyawa pula, tapi kitanya malah melempem..


Pesen moral : “Hadapi dengan siap, jangan kalian anggap enteng yang satu ini, atau kalian ntar bakal nyesel. Status ‘Mahasiswa’ bisa berubah jika kalian main-main, status itu bakal beruba jadi ‘MAHASISA’ (bukan siswa!)”

12 komentar:

  1. Huahahahha, padahal anggapan kita tentang kuliah itu asyik ya, tapi banyak gak enak nya juga...
    sama kok ama yang dirasain mahasiswa yang lain...
    huhhahahahahha...
    Semoga sukses ya...

    BalasHapus
  2. buakakakak! gue banget lo ah :))
    hidupppp mahasiswa! :))

    BalasHapus
  3. yah tergantung kitanya juga..
    kalo konsisten, Insya Allah bisa..

    oke, makasih.. ^_^

    BalasHapus
  4. tetep semangat banyakjalan menuju roma :)

    BalasHapus
  5. cerita lu ngingetin gue beberapa bulan yang lalu. gue juga gagal snmptn :( rasanya tuh galauuu
    dulu pas sma pengen cepet2 kuliah, giliran udah kuliah pengen balik lagi ke sma heuheu :3

    BalasHapus
  6. inggit : yah kan pengen jadi dokter,, ehh maksudnya pengen jadi guru olah raga.. hehehe..

    BalasHapus
  7. nai : banyak jalan sampe kerumah saya.. hehehe..

    BalasHapus
  8. beby : wah iyah, sama banget tuh..
    jangan2 kita.. TKI yang sukses kabur..

    BalasHapus
  9. SEPAKAAAT !!!! ternyata kuliah itu jauh dari cerita-cerita yang ditipi-tipi. ketemu cewek-cowok jatohin buku,jatuh cinta,dll. tapi ternyata faktanya ga gitu.

    BalasHapus
  10. nonni : eeeaaaaaa....
    begitulah kira, kurang lebih banyak kurangnya..

    BalasHapus