Garuda Lebo | 2002 | Sidoarjo | Coach | Player

Selasa, 01 November 2011

Motor ku sayang, Motor yang gag bakal pernah usang (Romantis abis..)

Saat aku baru lulus SMK, aku lagi ngidam banget yang namanya sepeda motor, yah wajarlah, aku kan juga pengen lihai ngendara’in motor, siapa tau bisa lihai ngerusak motor juga.

Sore hari, sepulang dari latian bola, rasa capek, lemes, pucet, sampe wajah ku mirip cacing kepanasan, sambil baying-bayangin ada bidadari yang matanya sedikit katarak dan otaknya agak nge-geser mijitin aku yang capek, tiba-tiba ada suara yang agak aneh terdengar di ujung rumah ku, sempet nebak-nebak, apa ayah ku beli’in aku betor?(becak motor) buat aku kerja, biar aku gag kelamaan nongkrong-nongkrong doang di rumah, soalnya waktu itu aku bestatus artis rumahan, alias pengangguran rumah tangga. 


Setelah kelamaan mikir sampe otak ku susah banget buat di suruh mikir (yah dari dulu sebenernya) aku mutusin buat memunculkan insting detektif ku, dengan pasang wajah mirip anjing pelacak, aku pun bergegas untuk mencari asal sumber suara misterius itu.

Setelah mengendus-endus, terciumlah aroma yang gag sedap banget, aku cari sampe ketemu, ternyata itu bau ketek ku sendiri (ohh no..).

Aku berjalan perlahan ke ujung rumah, sambil membawa segelas air putih di tangan. Sesampainya di TKP (baca : tekape), aku pun melihat sosok berwarna hitam gagah perkasa, model klasik dan 100% original, dan sosok itu bener-bener buat aku jatuh cinta dan terpanah “It’s AWESOME !!!” (melotot pake gaya FTV), sosok tersebut aku beri nama Si Bebek Beringas.

BerBer (Bebek Beringas) adalah motor pemberian dari salah satu saudara ku. BeBer adalah sepeda motor keluaran Honda tahun 1993 (umurnya sama kayak aku), dia berjenis Astrea Grand Exclusive ’93.

ini foto waktu aku ketiduran sambil ngeden di pelukan Si BeBer. Mesra abis..

Setelah aku mendapat warisan berupa motor bebek, aku pun girang gag ketulungan, dan langsung aku ngadain syukuran buat ngasih nama baru di motor yang paling aku sayang sampe sekarang ini. Sesuai dengan yang mau di syukurin, kalo yang di syukurin itu manusia, jelas makanannya juga makanan manusia, nah kalo motor, jelas makanannya juga makanan motor, kayak oli, bensin, air aki, busi, dan mesin-mesinnya.

Setelah punya motor ‘baru’, aku yang saat itu masih terlihat polos banget (sebenernya culun) sama masalah motor, akhirnya BeBer mulai manja, pertama minta ganti oli, terus bensin gag boleh telat, servis motor harus rutin, terus busi sebulan sekali harus ganti, dan dia tiba-tiba minta aku yang harus di ganti.

Betewe, ngomong-ngomong masalah servis motor, aku punya kendala sama yang satu ini, pernah suatu hari, aku lihat ada SPG cewek cantik yang nawarin servis motor, pake baju yang bertuliskan “kami siap memuaskan anda”, nah loh,, itu servis yang mana hayo? (udah-udah gag usah sampe kekamar mandi)

Oke balik ke servis >> Servis motor emang bisa di bilang ribet, udah kita harus ribet-ribet kebengkel, terus bengkelnya juga panas banget, sampe gag bisa bedain, mana yang bau badan, mana yang bau oli bekas. Kalo gag tau apa-apa masalah motor, bisa-bisa malah kita di tipu sama yang nyervis motor kita, bukannya su’udzon, tapi ada beberapa kejadian ‘nakal’ yang bener-bener buat kita harus waspada dan harus ‘kenal’ sama motor kita sendiri.

Oke balik ke servis motor ku >> waktu itu Si BeBer lagi ngambek, gag mau jalan, aku kira bensinnya abis, soalnya aku cuma bisa make’, tapi gag tau kalo si BeBer waktunya nyalon ke tempat yang bernama bengkel. (soalnya aku paling paham masalah besin dan busi, kalo masalah mesin, paling getok udah gag rewel)

Jadilah aku bawa motor kesayangan ku ini di bengkel terdekat. Si empunya bengkel ini sangat baik, mau ngajarin aku buat kenal lebih deket sama motor ku sendiri, biar kalo ada apa-apa di luar nanti aku bisa betulin sendiri. (padahal mentok-mentok cuma mompa ban doang)

Setelah wajah ku lumutan mirip kerak mesin, yang sedang nungguin motor di servis, akhirnya selesailah Si BeBer di servis dari bengkel dengan wajah yang berseri-seri.

BeBer mungkin adalah motor yang paling gag beruntung di muka bumi, karna punya pemilik seperti aku, BeBer punya banyak banget pengalaman yang suram dan nyaris merenggut nyawa BeBer sendiri, kayak remnya waktu itu blong, dan aku tubrukin dia ke trotoar jalan, biar si BeBer bisa berhenti lari, terus gasnya nyangkut dan gag bisa di apa-apain, akhirnya aku matiin kontak motornya secara kejih, biar gag ngegas terus dan berakhir dengan pendaratan darurat yang memakan 1 warteg pinggir jalan yang sukses ambruk.

Emang kasin sebenernya, mungkin kalo motor ku bisa bicara, mungkin dia akan bicara, “ampun Tuhan, apa dosa ku hingga bertemu pengemudi brutal, laknat, dan biadab ini, apakah dia ini manusia? Tapi dia lebih kejam dari iblis, cukup, tolong cabut nyawa ku”

Setelah beberapa bulan aku bener-bener bisa kenal sama si BeBer, dan sempet ada kolektor motor lama yang nawarin tukar-guling atau barter sama motor Satria-F miliknya, tapi aku tolak, karna BeBer adalah separuh jiwa ku. (ce’ilah.. cuit-cuit)

BeBer selalu nemenin aku kemana-mana, mulai kerja, main, godain cewek berangkat sekolah, nungguin aku pipis di pinggir jalan, dan dia selalu nolak Es Tebu yang aku beli di pinggir jalan, meskipun aku tawarin dan paksa, dengan alasan, “kalo berani, beliin aku di SPBU sebrang, cuma goceng, aku kenyang”

Menurut ku, Si BeBer itu, “Alhamdulillah yah, Sesuatu banget” (logat batak)

Pesen Moral : “sesusah-susahnya dan sejelek-jeleknya barang atau sesuatu yang kita miliki, cintailah dan rawat sepenuh hati, karna itu adalah salah satu titipan Tuhan untuk kita, jaga dan sayangi dengan layak dan semanusiawi mungkin”

13 komentar:

  1. haha, cie, kisah cinta manusia ama motor, haha, sukses buat motornya, maksudnya yang punya motornya.

    BalasHapus
  2. hahaha.... sukses bikin saya ngakak.. :D eh kapan-kapan mampr di blog saya dong www.ernybinsa.blogspot.com
    tararengkyu.. :D

    BalasHapus
  3. sepeda motor mencerminkan yang punya. kalo motor itu buntung, begitu juga pemiliknya

    BalasHapus
  4. Hahaha.. kasian ya motornya punya majikan kaya kamu.. :D kidding bro, semoga sukses yaa motor n orangnya..

    BalasHapus
  5. mas fijai : sukses buat yang ngomen juga deh,, makasih banget mau mampir.. :D

    erny : oke, segera kesana.. :D

    BalasHapus
  6. Ardhito : mas motornya kq sama'an yah??
    mas minjem kendaraan saya buat PP blog yah??

    yukou : kasian banget yang udah mampir, tapi makasih banget udah mampir.. :)

    BalasHapus
  7. hihihi sepasang sejoli tak kan terpisah :D

    BalasHapus
  8. cie romantis sekali , pitpiw , hahahahaha

    kalau saya masih trauma naik motor makanya gak punya motor :3

    BalasHapus
  9. chilfia : yayayaa... :D

    pak pos : hehehee.. :D

    pipit : wah sayang banget tuh.. padahal enak banget naik motor, apa lagi kalo kita di naikin motor.. (lohh?!)

    BalasHapus
  10. mesra sx anda dgn kekasihnya (motor) :D
    bkin poto prewednya dun :3

    BalasHapus
  11. saya juga sama, dompet ku udah usang banget,, saya rwat selayaknya manusia, dimandiin, disabunin, dan digosokin, haha,, :D

    BalasHapus
  12. haduh romantis banget :),sama motor aja udah romantis apalagi ama manusia x ya :)

    BalasHapus